Phone Banking
Adalah layanan yang diberikan untuk kemudahan dalam mendapatkan
informasi perbankan dan untuk melakukan transaksi finansial non-cash
melalui telepon.
− Transfer dana
− Informasi saldo, mutasi rekening
− Pembayaran (kartu kredit, PLN, telepon, handphone, listrik, asuransi)
− Pembelian (pulsa isi ulang)
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk keamanan transaksi Phone Banking
− Anda wajib mengamankan PIN Phone Banking
− Anda bebas untuk membuat PIN sendiri. Jika merasa diketahui oleh orang lain, segera lakukan penggantian PIN. (Sumber:BI)
Latar Belakang Phone Banking
Perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika saat ini semakin
mempermudah manusia dalam mengakses informasi. Salah satu layanan
informasi tersebut adalah dengan menggunakan telepon. Layanan informasi
ini memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi dengan cepat, dapat
diakses darimana saja dan kapan saja. Layanan semacam ini menggunakan
fasilitas yang dinamakan call center / contact center.
Salah satu dari perkembangan teknologi call center tersebut adalah
phone banking. Phone banking adalah layanan yang diberikan perbankan
kepada nasabah dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dalam melakukan
berbagai transaksi perbankan melalui telepon. Nasabah tidak perlu lagi
datang dan antre ke bank atau mesin ATM untuk melakukan berbagai
transaksi tersebut. Layanan atau transaksi yang dapat dilakukan nasabah
melalui phone banking antara lain berupa informasi perbankan dan
administrasi rekening, transfer antar rekening, pembelian voucher isi
ulang, pembelian tiket, serta pembayaran kartu kredit dan angsuran
kredit. Nasabah biasanya ingin melakukan transaksi tersebut melalui
jaringan telekomunikasi, sekalipun mengantri namun nasabah tidak perlu
repot berdiri di ATM atau di bank untuk mengantri, hanya cukup men-dial up
ulang kembali nomor layanan phone banking darimana saja dan kapan saja.