Knowledge Management adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi untuk
pengetahuan untuk diketahui, ditemukan, digunakan, dipelajari dan berbagi ( sharing ) di dalam organisasi untuk mencapai
tujuan positif bagi organisasi.
VinnoKX adalah software
Knowledge Exchange yang dirancang untuk membantu organisasi untuk
melakukan pengelolaan pengetahuan, dibangun atas teknologi web based
sehingga memberikan kemudahan penggunaan oleh setiap user yang
menggunakan, bahkan user tidak perlu melakukan instalasi software
tambahan lagi.
VinnoKX bukan sekedar
menjadi Knowledge Management Software, namun VinnoKX dirancang sebagai
sistem yang mampu menciptakan tujuan meng-"hidup"-kan knowledge yang
dikelola.
VinnoKX bukan sekedar menjadi Knowledge Management Software, namun VinnoKX dirancang sebagai sistem yang mampu
menciptakan tujuan meng-"exchange"-kan knowledge yang dikelola.
Tujuan Utama Penggunaan Knowledge Exchange
Tujuan utama penggunaan VinnoKX adalah untuk mengelola pengetahuan sebagai aset paling berharga bagi suatu organisasi sekaligus meningkatkan kualitas pengetahuan setiap anggota organisasi seiring dengan perkembangan organisasi.Fitur-fitur
- Kedalaman Kategori yang tak Terbatas
- Mudah Digunakan
- Cepat dan akurat dalam pencarian dan indeksasi pada isi dan lampiran (PDF)
- Distribusi pengetahuan ke orang yang tepat
- Teks editor yang user-friendly menggunakan Editor WYSIWYG HTML
- Laporan Eksekutif dan Dashboard
- Menyamaratakan nilai pengguna dalam berbagi pengetahuan
Masalah yang ada :
- Kehilangan modal intelektual karena perputaran karyawan yang tinggi
- Tingginya biaya pelatihan bagi karyawan baru
- Perbedaan pengetahuan
- Menghilangkan waktu pelatihan karyawan dan juga biaya pelatihan.
- Memerlukan informasi terkini untuk pengambilan keputusan real-time
- Duplikasi usaha
- Pengulangan kesalahan
- Hambatan Jarak dan waktu untuk pembangunan masa depan
- Keadalaman kategori tanpa batas
Benefit Knowledge Exchange :
- Mengurangi redudansi
- Menekan biaya pelatihan
- Meningkatkan kualitas pelayanan ke pelanggan karena mempersingkat waktu respon pelanggan.
- Menumbuhkan semangat melahirkan inovasi-inovasi baru melalui budaya pembelajaran di lingkungan organisasi
- Meningkatkan kualitas pengetahuan yang lebih merata
- Akses informasi setiap saat dan tidak dibatas jarak & waktu lagi
- Organisasi mengetahui sumber knowledge terbaik organisasi